Cara Tambah VRAM Intel HD - Saya pribadi pengguna Intel HD Graphics dan dapat menjalankan game yang sesuai minimal system yang diperlukan dan memakai bantuan beberapa software menjalankan game HD tanpa lag atau patah-patah, namun yang memiliki kualitas low setting. Walau yang memiliki kualitas low, yang pasti bisa memainkan game dan tidak lag.

Trik Cara Tambah VRAM Intel HD Untuk Main Game Berat

Sebetulnya prinsip dan kapasitas dari VGA onboard tersebut merupakan ditentukan oleh dari kapasitas RAM yang kita gunakan, contohnya saja VGA yang saya gunakan adalah intel HD graphics, bila saya gunakan RAM berkapasitas 1gb, VGA yang terbaca cuma 256mb, namun demikian di tingkatkan RAMnya jadi 4gb, VGA yang terbaca sekitas 1,3gb pada windows 7 32bit, sementara pada windows 7 64bit terbaca 1,6gb. Jadi cukup simple bukan. Tidak perlu berkecil hati lagi untuk para gamers yang mempunyai laptop dengan spesifikasi VGA onboard. Dan begitu di tingakatkan, bermain game sekelas PES, NFS, atau Resident Evil 5 dengan high graphics dapat terwujud. Namun mesti di ingat, VGA onboard tetaplah tak akan semaksimal VGA seperti INVDIA atau ATI yang tentunya khusus dibuat menjalankan game-game berat, tetapi paling tidak trik ini bisa membantu agar saat kita main game kelas menengah dapat menghasilkan gambar tinggi.

Cara ke-1:

Cara menambah vram pertamanya adalah masuk dalam menu BIOS yang terdapat pada laptop. Agar dapat masuk menu ini, Anda bisa Tekanlah tombol keyboard bersamaan saat sedang menyalakan laptop. Harap diingat bahwa setiap laptop tentunya memiliki tombol berbeda. Setelah memasuki ke dalam menu BIOS, klik opsi Advanced Chipset Features. Apabila opsi ini tidak ditemukan kemudian anda bisa memilih opsi lainnya yang memiliki arti kata serupa, seperti Chipset Features Setup. BIOS pada setiap laptop sebenarnya hampir sama, lagipula kebanyakan terdapat perbedaan dalam penempatan atau opsi yang disediakan.

  1. Ketik win + r
  2. Sehingga akan terlihat jendela kecil berada di di sudut kanan bawah, selanjutnya silahkan Anda mengetikkan 'msconfig' tanpa tanda kutip.
  3. Centang safeboot
  4. Setelah mengetik 'msconfig' lalu kita akan pergi ke menu System Configuration, jika sudah terbuka silahkan Anda berikan centang pada Safeboot yang berada di dalam menu Boot option.
  5. Klik apply, dan pilih ok. Langkah akhir tinggal Anda restart komputer / laptop, maka otomatis Anda akan masuk menu BIOS. Sesudah masuk ke BIOS selanjutnya silahkan Anda ikuti cara berikut, berbagi RAM dengan VGA.
  6. Seting Video RAM ( VGA Shared Memory Size )
  7. Ubahlah jumlah shared memori sesuai kebutuhan Anda
  8. Langkah terakhir Save dan Exit.


Catatan : Semakin besar RAM yang kita miliki, maka akan semakin maksimal pula penambahan Memory VGA.

Cara ke-2:

Meskipun CPU dan GPU Unable dan Bad tetapi saya tetap dapat memainkan game PES 2013, walaupun bisa dimainkan game nya masih nge-Lag, kalau di laptop yang saya gunakan penyebabnya karena Windows. Dulu saya menggunakan Windows 8 setelah ganti ke Windows 7 game nya jadi lancar jaya. Yang menggunakannya Windows 8 coba diganti dulu ke Windows 7 jika tetap mengalami Lag juga coba kalian ikuti langkah - langkah berikut itu benar-benar bisa membantu :

Cara ke-3:

Menambah memory VGA OnBoard caranya dengan share memory RAM ke VGA OnBoard
Dalam melakukan hal penambahan Memory VGA OnBoard dengan metode Share RAM, hal yang dibutuhkan Kamu lakukan yaitu dengan pergi ke BIOS.

Untuk masuk ke dalam BIOS dengan cara ketik WIN + R. selanjutnya muncul jendela kecil dan terdapat kotak, di kotak tersebut ketik msconfig, selanjutnya tekan enter atau klik OK.

  1. Muncul jendela baru, disana Kamu perlu centang di bagian Safe boot”, perhatikan gambar di bawah.
  2. Centang pada "Safe Boot"
  3. Setelah Kamu mencentang pada Safeboot yang terdapat pada menu Boot option (perhatikan gambar diatas), kemudian klik tombol Apply, kemudian klik OK. Kemudian lakukan restart komputer atau laptop milikmu, dengan demikian Kamu akan masuk menu BIOS (karena settingan tadi). Di bagian BIOS tersebut lakukan langkah-langkah di bawah bertujuan membagi RAM dengan VGA.
  4. Setting Video RAM (VGA Shared Memory Size)
  5. Ubah jumlah shared memori sesuai kebutuhan Kamu.
  6. Kemudian Save dan Exit.

Yang dibutuhkan diketahui bahwa seiring dengan besar RAM pada komputer, maka ini begitu bermanfaat untuk berikan penambahan yang besar pada Memory VGA. Setelah melakukannya setting diatas, maka sekarang Kamu bisa merasakannya perbedaan performa yang muncul pada VGA di komputer Kamu. Jika memang ternyata penambahan memori VGA tersebut tetap tidak maka masih bisa menambah Memory VGA memanfaatkan sebuah program software, namanya yaitu Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT), penjelasannya yang di bawah.

Cara ke-4:

Cara menambah Memory VGA OnBoard menggunakan software IDAMT

Software IDAMT ini memiliki manfaat untuk menambah Memory VGA OnBoard, dimana software Display Adapter Management Tool ini dinilai cukup ampuh, namun program ini adalah hanya support untuk yang menggunakan VGA Intel, seperti Intel HD Graphics 2000/3000/4000.

Metode sedang dikerjakan oleh program aplikasi IDAMT ini adalah hanya dengan lakukan pengubahan pada Vertex Processing Mode, dimana itu nantinya dibuat menjadi tidak berjalan sepenuhnya oleh memori VGA, tujuannya dilakukannya ini adalah untuk pembagian antara VGA dan Memory pada game itu sendiri.

Pengguna dari program IDAMT inipun tidak memerlukan keahlian khusus, dimana pertama yang diperlukan dilakukan download software Intel Display Adapter Management Tool ini dahulu, Kamu dapat mendownloadnya disini.

Selanjutnya untuk settingnya maka lakukan langkah-langkah di bawah.
  1. File yang Kamu download adalah berbentuk file arsip RAR, extract file arsip tersebut hingga Kamu menemukan program Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT).
  2. Kemudian Install program Intel Display Adapter Management Tool tersebut.
  3. Jika selesai menginstalnya, maka jalankan software IDAMT tersebut.
  4. Pada program, masuk tab Vertex Processing Modes For Selected Executables (Intel Only)
  5. Kemudian klik pada Add Executable
  6. Pilih game berat ketika dijalankan, kemudian klik Open
  7. Kemudian klik Change Vertex Processing Mode
  8. Selesai.

Cara ke-5:

3d Analyzer



Ni software buat memanipulasi vga agan biar bisa jalanin game tertentu yg misal game tersebut butuh spek minimal vga yg support vertex shader. contoh game nya kaya' Prince Of Persia : Sand of Time , game itu ga bakal bisa jalan di laptop agan tanpa pake software ini. Download Here
Begini cara menggunakan tool 3D Analyze :
  1. Download 3D Analyze :
  2. Jalankan aplikasi 3D Analyze yang telah Anda download.
  3. Cari file game yang akan Anda coba mainkan dengan klik menu SELECT. Bila sudah klik Open.
  4. Janganlah lupa klik 'Save batch file' supaya kita tak perlu lagi setting untuk berikutnya.
  5. Selesai

Cara ke-6:

For win 7 atau Vista

Agan harus pake win 7 gan. trus install driver yg udah dimodifikasi ini. Udah ane coba sekian lama tapi ga terjadi masalah ama vga setelah di install driver ini ( ini driver aman gan) Download Here

Cara ke-7:

Mod Registry

Nah, ini cara yg yang paling manjur.. supaya main game jadi lancar..
FPS tergantung dari proci Dan ram laptop anda.... Download Here
pass: amur190

Cara ke-8:

Mengatur Intel HD Graphics Family Untuk Gaming
  1. Buka Intel Graphics and Media Control Panel caranya dengan Klik Kanan di layar Dekstop atau Layar Depan kemudian Graphics Properties.
  2. Kini anda sudah masuk pada jendela Intel Graphics and Media Control. Ada tiga pengaturan yang saya setting diantaranya:
  3. Advance Mode (pilih ke Advance Mode)
  4. 3D (masuk ke dalam menu 3D)
  5. Disini anda setting 3D Preference dan letakkan panelnya diposisi tengah antara Performance dan Quality.
  6. Power (masuk menu Power)
  7. Kemudian pada Power Plans dan memilih Maximum Performance,
  8. Ok/Apply, Selesai !

Trik Tambahan:
  • Saran saya agar mendapatkan performa maksimal silakan gunakan dan aktifkan software peningkat performa seperti AMD FUSION untuk pengguna AMD seperti saya, dan GameBooster bagi selain AMD
  • Lakukan Update pada driver Intel HD kita, dengan cara update driver, maka frame saat bermain game akan semakin baik, karena bug pada driver kita terdahulu sudah di perbaharuiUntuk mengecek Update driver kita harus tahu di jenis apa dan merk apa driver VGA intel HD kita laulu mendownload yang sesuai type intel HD Graphic.
  • Ingat, Jangan mainkan game berlebihan pada laptop , ingatlah komponen laptop tidak sekuat dengan komponen komputer, komponen laptop sangat rentan dengan penggunaan yang berlebihan, usahakan saat bermain game mainkanlah di komputer saja. komputer lebih tahan lasak dari pada laptop. ingatlah menyesal itu belakangan. jangan anda salah mengartikan bahwa laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi layak untuk di mainkan game-game banyak. hindari cara pandang yang seperti itu. Gunakan laptop untuk memainkan game-game yang sewajarnya saja.
Jika cara diatas gagal semuanya kemudian anda dapat anda lakukan penambahan RAM dengan minimal 2-4GB atau jika lebih jos lagi tambah RAM 8GB, mantap tuh!

Semoga sukses, moga berhasil!!!