Mengatasi Aplikasi Android tak bisa diperbarui atau diupdate - Sebagian pengguna mungkin akan mengalami kendala kenapa aplikasi android tak dapat diperbarui pada ponsel cerdas mereka. Padahal, menggunakan aplikasi yang tetap up to date dapat meningkatkan ketahanan dan meningkatkan kemampuan serta kinerja dari aplikasi tersebut. Tidak hanya itu saja, dalam aplikasi yang telah diperbarui, juga biasanya akan menyajikan fitur terbaru.

Cara mengatasi Aplikasi Android Tak Bisa Diperbarui

Penyebab aplikasi Android tidak bisa diperbarui akan berbeda antara anda dengan user yang lain. Namun biasanya, hal ini dikarenakan koneksi data lambat, tidak cukup ruang yang disajikan atau banyaknya cache yang tak pernah dibersihkan di aplikasi yang ingin diperbarui. Sehingga dia hanya memberi notifikasi tentang update tetapi tak dapat melakukannya. Simak solusinya berikut ini.

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update di Playstore

Sebagai contoh adalah satu dari aplikasi Video Show. Anda sebagai pengguna, biasanya akan dibandingkan aplikasi itu dengan teman juga memakainya. tidak jarang Teman-teman Anda akan mengatakan bahwa fitur edit video 4k akhirnya ada didalam aplikasi tersebut. Tetapi kenapa Anda tidak dapat memakai fitur tersebut? Tentunya karena factor dari spesifikasi smartphone Anda dengan punya teman berbeda. Dan tingkatan os android yang terpasang pun dapat mempengaruhi agar bisa mengupdate aplikasi video show tersebut. Lalu cara mudah mengatasi aplikasi Android yang tak bisa diperbarui jika smartphone dan Os android nya sendiri sama?

Hapus cache dan Data dari Aplikasi Playstore. Disaat Anda membuka playstore dan sampai ke My Apps & Games, disana akan menampilkan aplikasi yang ada untuk di update. Kalau ternyata aplikasi tersebut selalu gagal di saat proses pembaruan bahkan tak bisa sekalipun, ikuti langkah berikut ini. Tetapi sebelum melakukan, memastikan anda mengetahui alamat email & password Playstore.

  1. Masuk Pengaturan selanjutnya tap Manajer Aplikasi
  2. Pada tab Didwonload, menemukan aplikasi Google playstore
  3. Tekan tombol Hapus Data dan Hapus Memori
  4. Hapus Cache dan Data dari Aplikasi yang Akan Di Update.
  5. Sering, ketika kita tengah menjalankan aplikasi tertentu, contohnya Video Show. Tiba-tiba Akan tampil overlay yang menghalangi layar dan meminta kita untuk memperbarui aplikasi tersebut. Tetapi, ketika pergi ke playstore tidak dapat update aplikasi tersebut. Mengatasinya ikuti langkah ini dan saya beri contoh terhadap aplikasi Video Show.
  6. Pergi ke Pengaturan selanjutnya tap Manajer Aplikasi
  7. Pada tab Download, cari dan membuka info aplikasi Video Show
  8. Tap Hapus Data dan Hapus Memori
  9. Selanjutnya masuk playstore selanjutnya tab Perbarui.
  10. Pakai Clean Master dan Reboot. Jika kedua diatas tetap tidak berhasil, membersihkan cache dan residual file di smartphone menggunakan aplikasi Clean Master. Selanjutnya restart atau muat ulang Android Anda.

Kesimpulannya, cara untuk mengatasi aplikasi Android tak dapat diperbarui dapat dilakukan dengan cara hapus data dan cache. Tetapi ketika Anda melakukannya, terutama dalam aplikasi yang mewajibkan memiliki akun, kalau begitu kau akan diminta login kembali dan data dalam smartphone akan ikut terhapus.