Cara Agar Pulsa Tidak Tekor di Luar Negeri - Kegiatan komunikasi dengan keluarga tentunya dapat dilakukan dengan mudah dengan ponsel. Kali ini, ponsel yang ada biasanya sudah mendukung jaringan yang sama di penjuru dunia jadi anda tidak harus membeli ponsel baru lagi.

Cara Agar Pulsa Tidak Tekor di Luar Negeri

Tetapi, pakai kartu SIM dari operator lokal ini bisa menghasilkan tarif yang begitu tinggi. Nah, berikut berbagai tips mudah dan singkat agar komunikasi kegiatan melalui ponsel tak membuat Anda tekor, seperti dilansir dari Business Insider.

1. Kenali tarif "roaming"

Harga tarif panggilan, SMS, dan internetan di luar negeri (roaming) tentu beda ketika aktivitas ini dilakukan didalam negeri. Biasanya, harga ini dapat meningkat berkali-kali lipat.

Lonjakan harga tersebut disebabkan karena operator lokal umumnya tidak memiliki jaringan infrastruktur di luar negeri. Maka dari itu, mereka seharusnya "menyewa" atau bekerja sama bersamaan dengan operator lokal dalam memberikan layanan.

Untuk itu, mempelajari terlebih dahulu harga roaming dari masing-masing operator. Apabila tidak ingin mengganti operator dari dipakai sekarang, hendaknya menetapkan anggaran menelpon, SMS, dan ber-internet.

Operator Indonesia saja sudah ada banyak menawarkan paket roaming harga sangat terjangkau, bahkan gratis. Sebagai suatu contoh, operator XL Axiata menawarkan data paket roaming dengan gratis dalam beberapa negara-negara tertentu untuk beberapa hari saja.

Jika perlu membayar pun, biasanya operator lokal telah menyediakan paket roaming dengan tarif sangat terjangkau.

2. Mengganti kartu SIM dengan operator luar negeri

Sebagaimana yang telah disebutkan tadi, gunakan kartu dari operator asal negara terkadang bisa membuat tagihan ponsel Anda membengkak. Anda bisa jadi membeli paket roaming dari operator lokal.

Tetapi, jika anda merasa tarifnya masih sedikit lebih mahal, Anda dapat menggunakan kartu SIM lokal dari negara tujuan. Jangan kuatir akan pendukung jaringan sebab biasanya ponsel banyak beredar belum lama ini telah mendukung jaringan yang sama dari penjuru dunia.

Hendaknya, beli kartu SIM pre-paid agar Anda dapat memperkirakan dana akan digunakan untuk berkomunikasi. keuntungan yang lain, kartu jenis itu biasanya banyak dijual bebas di toserba atau outlet-outlet yang di bandara.

3. Matikan data paket

Seharusnya, matikan data paket Anda sebelum pergi ke luar negeri. Meski tidak digunakan, beberapa aplikasi media sosial biasanya tetap akan "menyedot" pulsa seperti terus mendownload update.

Cara yang paling mudah untuk berhenti data paket ini merupakan dengan cara menghidupkan modus pesawat atau pesawat terbang. Dengan menghidupkan mode ini, semua jaringan radio, seperti GSM, Wifi, dan Bluetooth akan di matikan.

4. Unduh peta "offline"

Tak mau tersesat di luar negeri? Cara yang paling mudah adalah menggunakan peta. Akan tetapi, biasanya para pelancong telah mulai enggan untuk menggunakan peta fisik. Turis biasanya ini telah menggunakan peta digital telah ada di smartphone.

Biasanya, aplikasi peta akan tetap mengunduh gambar peta di mana kita berada. Tentunya, hal itu menggunakan data paket. Nah, apabila tidak ingin capek-capek cari hotspot wifi atau mencari internet dahulu, seharusnya unduhlah peta negara yang mau dituju, sebelum meninggalkan negara.

5. Menelpon via wifi

Gunakan aplikasi-aplikasi VoIP bila ingin menelpon ke asal negara. Menggunakan saja Wifi supaya lebih hemat. Aplikasi-aplikasi seperti Video Call Facebook , Skype, dan Google Voice memungkinkan penggunanya menelpon setiap waktu, asalkan terhubung dengan Wifi.

6. Ganti pengunci layar ponsel

Kuatir tersesat? Peta adalah jawabannya. Akan tetapi, pengunci layar pada ponsel bisa juga membantu menemukan arah.

Caranya? Taruhlah informasi tempat yang hendak dituju di layar tersebut. Suatu saat anda tersesat, tunjukkanlah informasi tersebut kepada masyarakat lokal.

Tips inipun berlaku untuk anda yang kuatir kehilangan ponsel di negeri lain. Taruh saja Informasi Keadaan Darurat, seperti alamat dimana anda tinggal selama di dalam negeri tersebut, e-mail yang dapat dihubungi, atau nomor telepon alternatif. Niscaya, orang-orang yang menemukan ponsel tersebut takkan kesulitan informasi menghubungi Anda.

7. Download aplikasi "mobile chat"

Download saja aplikasi seperti WhatsApp, WeChat, BBM, atau Line. Aplikasi ini bisa menghemat biaya SMS. Cukup hanya terhubung dengan Wifi, Anda bisa saling kirim dan menerima pesan.

Aplikasi-aplikasi mobile chat juga biasanya telah menyediakan fasilitas Voice Call.