Cara Menjadikan Android Sebagai joystick, keyboard dan mouse pada komputer atau laptop - Aplikasi ini bisa membuat OS android jadi game controller untuk Windows. Ponsel Androidnya kini bisa jadi Gamepad untuk pc atau Gamepad PC Android. Jadi Penampakan ketika kita ngegame android dapat langsung terdisplay pada komputer dengan menggunakan aplikasi Android Mobile Gamepad.

Cara Jadikan Android Sebagai Joystick, Keyboard, Mouse pada Komputer atau Laptop 

Pernahkah anda saat mencoba memainkan game di komputer atau laptop menggunakan controller atau stick seperti ketika memainkan game di console? Anda pasti akan memiliki smartphone kan, nah disini anda bisa gunakan smartphone itu sebagai controller untuk memainkan apapun game kesukaan anda. Di kesempatan kali ini saya akan memberi beberapa tips yang bagi anda yang sering sekali memainkan Game mnggunakan komputer. Aplikasi yang dikeluarkan oleh XDA Developers membuat OS android jadi game controller untuk Windows. Kamu dapat memilih jenis kontroller bisa diatur untuk jenis game yang kamu mainkan.

Ini tentu memungkinkan User bisa gunakan kontrol berbeda dalam bermain Game Android yang Tentu saja keren. Selain Aplikasi Mobile Gamepad bisa mengatur sistem untuk bisa menggunakan digital pad, swipe gestur bahkan akselerometer pada perangkat android untuk memainkan Game pada komputer Cara kerja Android Mobile Gamepad ini dilakukan adanya koneksi internet atau antara android smartphone dan computer.

Bagaimana cara mengubah Hp android jadi Remote PC

Berikut adalah bagaimana untuk Tepat Membuat Smartphone android Menjadi Gamepad, joystick, keyboard dan mouse pada komputer atau laptop.

Aplikasi Mobile Gamepad


Untuk menyambungkan android ke komputer sebagai joystick, kita akan memanfaatkan sebuah aplikasi yang disebut Mobile Gamepad. Jadi menggunakan aplikasi ini bisa kita menghubungkan secara mudah smartphone dengan PC tanpa memakai kabel sebagai joystick, sehingga anda bisa gunakan android sebagai joystick tanpa kabel.

Sebenarnya, aplikasi tersebut dapat digunakan dengan Bluetooth juga, tapi saya menganjurkan gunakan Wifi saja karena semakin cepat dalam transfer datanya.

Nanti kita akan menyambungkan dengan menginputkan IP Adress server yang kita install, agar smartphone bisa kita mengarahkan langsung pada game yang sedang dimainkan pada komputer server tadi.

Syaratnya:
  1. Sudah install aplikasi Mobile Gamepad pada smartphone
  2. Sudah terinstal server program di PC
  3. Di antara server dan smartphone , harus berada pada satu jaringan yang sama (disarankan wifi)
  4. Kalau belum punya jaringan sendiri, maka anda bisa gunakan program Connectify untuk dapat membuat suatu jaringan pribadi atau hotspot pribadi. Nah, nanti smartphonennya dihubungkan ke connectify supaya antar server dan smartphone berada di satu jaringan yang sama.
Jika sudah tau dasar-dasarnya, unduh langsung dulu semua bahannya nih:
Step 1 Instal semua Pada Tempatnya
  • Anda install connectify ke komputer anda dulu (usahakan pc nya ada wifinya), kalau laptop pasti sudah eksis wifinya
  • Install server program ke komputer juga, karena PC nya akan dijadikan server
  • Install mobile pada android anda
Step 2 ”Setting Connectify mu”
  • Lakukan pengaturan pada connectify, tak perlu ada koneksi internet karena yang diperlukan hanya koneksi antar device saja
  • Untuk contoh setingannya seperti gambar berikut, nah di bagian internet to share bisa automatic tetapi jika nanti tidak bisa menghubungkan, diganti ke Dispatch
  • Luncurkan hotspotmu Start Hotspot
Step 3 Setting Server Program”
  • Buka server program
  • Pada tab general, ada detil dari koneksi yang ada, digambar bawah ini telah terlihat bahwa server standby di IP 127.0.0.1 port 12400. Nah nanti IP itu diketikan ke smartphone. Perlu anda ketahui, IP diatas adalah contoh, nanti di PC anda ada sebuah kemungkinan IP nya beda, nanti anda nurut IP di PC ya.
  • Di sisi kiri pojok bawah Ada informasi jika klien offline, adalah karena kita belum menghubungkan client dengan server.
  • Lalu di tab Games , disitu anda dapat menambahkan konfigurasi tombol untuk game yang anda mainkan, disini sebagai sebuah contoh saya mengatur konfigurasi untuk emulator PS1. Saya buat konfigurasi yang sesuai controller default pada emulatornya biar enak, jadi seperti itu
  • klik di ikon + untuk menambah game
  • melakukan penyesuaian antar control game dengan tombol di server
Step 4 Setting mobile gamepad di android”
  • Menjalankan aplikasi mobile gamepad
  • Di awal biasanya akan muncul tampilan seperti seperti itu, karena kita gunakan wifi, maka anda pilih wifi
  • Kemudian masukan IP Address sesuai dengan IP di server tadi, kemudian sentuh Connect”
  • Kalau sudah bisa masuk kedalam aplikasi, maka tampilannya akan seperti itu:
Step 5 Cara Bermain Game”

Ini nih, cara intinya.
  • Masuk gamepad, kemudian sentuh GameList dibagian yang dilingkari merah pada gambar di bawah
  • Sebab tadi saya config ePSXe, pun hanya ada epsxe dalam listnya, itu langsung sentuh saja dimana gamenya epsxe”
  • Lalu di monitor akan muncul tampilan seperti software emulatornya, kalau anda seting ke game langsung, maka secara otomatis gamenya akan segera mulai
  • Selamat main game menggunakan androidmu sebagai gamepadnya
kalau untuk cara nambah game, setidaknya cara yang sama seperti itu, pada contoh saya menyeting control untuk epsxe.

Aplikasi WiFi Mouse


Perlengkapan Untuk Ubah Smartphone android jadi Remote PC
  1. Intinya agar bisa mengubah android smartphone menjadi keyboard, joystick dan mouse agar mampu dijadikan remote pc lalu anda perlu menyiapkan hal berikut:
  2. Pastikan andoid anda didukung koneksi Wi-Fi
  3. Android harus didukung sensor gyroscop
  4. Anda lebih baik punya kapasitas RAM Android minimal 512 MB
  5. Suatu perangkat PC/ Desktop/ Laptop (bisa OS Windows dan MAC).
  6. Dengan memenuhi persyaratan diatas tadi, kemudian anda dapat menjalankan smartphone android sebagai remote, di sini adalah tutorialnya.
 
Bagaimana cara mengubah Android jadi Remote PC dengan sangat mudah
  1. Langkah awal didownload Aplikasi WiFi Mouse dan install.
  2. Kemudian anda buka browser pada komputer atau sebuah laptop dengan mengunjungi laman
  3. Selanjutnya gulir ke bawah, sampai menemukan tombol download warna biru, maka tinggal klik tombol tersebut.
  4. Kemudian bisa memilih Mose Server, yang Anda pilih windows atau mac kemudian pilih saja yang sesai bersistem operasi pc anda.
  5. Bila sudah download sampai selesai, kemudian berikutnya anda hanya install aplikasi di komputer atau laptop anda.
  6. Kemudian anda tinggal membuka aplikasi WiFi Mouse yang sudah anda install di ponsel cerdas atau Tablet android anda. Secara otomatis smartphone menjadi mouse, keyboard dan joystick dengan jaringan wifi yang untuk terhubung ke PC anda.
  7. Sekarang anda dapat memainkan game sekaligus mengoperasikan komputer lewat smartphone android anda.
Dengan demikian bisa mengoperasikan pc dan laptop anda dari android smartphone yang anda miliki, cara ini cukup efisien bila anda sudah lelah berada didepan komputer atau laptop, kalau sudah begitu maka ini alternatif menjalankan komputer dari jarah yang begitu jauh memakai android smartphone.

Monect PC Remote


Agar dapat membuat smartphone android sebagai wireless joystick, kita membutuhkan aplikasi dengan nama Monect PC Remote. Aplikasinya bisa membuat OS android menjadi game controller untuk Windows. Satu diantaranya adalah merubah android smartphone menjadi wireless joystick untuk pc.
  1. Android kita
  2. Download Aplikasi MONECT PC Remote via google play store
  3. Jaringan WIFI Untuk menyambungkan jaringan Android dengan PC / Laptop 
 
TUTORIAL :
  1. Extract dan install Aplikasi MONECT pada komputer / Laptop anda.
  2. Jika peringatan muncul ketika memasang klik saya ALLOW ACCESS
  3. Kemudian Koneksikan Ponsel android kita dengan komputer / Laptop menggunakan Jaringan WIFI yang ada. Importan
  4. menjalankan aplikasi MONECT serta memasukkan IP address dari computer anda. Jika anda tidak mengetahui IP address komputer, dapat menggunakan tombol Search host untuk bisa melakukan pemindaian IP komputer.
    Melihat gambar dibawah 1
  5. Apabila gagal melakukan koneksi dengan komputer / laptop, cobalah melakukan restart pc dahulu agar instalasi berjalan dengan sempurna seperti yang diinginkan. setelah semuanya terkoneksi anda dapat temukan ada 12 mode yang dapat anda pilih.
    Melihat gambar dibawah 2
  6. Mode touchpad akan menjadikan smartphone android kita layaknya trackpad laptop, dilengkapi dengan fungsi scorll yang terletak di di sebelah trackpad. dengan mode ini kita bisa juga Fungsikan mode 3D mouse sehingga smartphone android kita menjadi seperti laser pointer”, feature ini dapat kita menggerakan mouse dengan menggerak-gerakan smartphone android kita. Asyik kan sob!
    Melihat gambar dibawah 3
  7. Sekarang Metode kedua, yaitu Tombol function, Typewriter Keys, dan numeric akan menjadikan smartphone android kita sebagai jika keyboard kita rusak kemudian kita bisa gunakan smartphone android sebagai keyboard. Fitur text transfer pun akan memungkinkan kita mengetikan teks di perangkat Android kemudian mengirimkannya di komputer kita sob!.
    Melihat gambar dibawah 4
  8. Sedangkan dengan My Computer Mode dapat kita melakukan browsing file-file sudah ada di hardisk komputer kita melalui smartphone. Kita menghapus atau men-download file yang ada dikomputer dalam ponsel android kita.
    Melihat gambar dibawah 5
  9. Juga ada berguna untuk kalkulator, namanya NUMERIC KEYPAD MODE , Sesuai namanya, mode ini dipergunakan untuk kalkulator sob!
    Melihat gambar dibawah 8
  10. Jika anda penggemar game balapan, aplikasi itu memiliki Joystick Mode akan memanjakan kita dengan menjadikan smartphone sebagai joystick yang sama dengan joystick untuk balapan sungguhan.
    Melihat gambar dibawah
  11. Dan banyak lagi
Nah mudah sekali bukan bagaimana mengubah hp dan tablet android jadi keyboard dan mouse, ketika ada pertanyaan mengenai artikel saat ini, kemudian anda dapat menanyakan kepada saya hal yang mau ditanyakan. Ingat selalu mengunjungi blog kesayangan anda ini untuk bisa mendapatkan informasi menarik lainya yang bisa mengatasi problem anda.

 Cara Menjadikan Android Sebagai joystick, keyboard dan mouse pada komputer atau laptop