Cara Ganti Font Android Tanpa Root - Salah satunya yang sekarang ini trend di kalangan pengguna hp android atau untuk kalangan komunitas opreker android adalah mengganti jenis huruf atau font sudah ada di smartphone mereka. Tentu dengan keunggulan customisasi smartphone berasis android ada kemungkinan untuk melakukan ini.

Untuk kali ini sudah terbilang mudah, pasalnya banyak banget aplikasi yang sanggup membantu anda dalam mengganti huruf yang ada pada ponsel android anda. Cara termudah Mengganti Font (huruf) Android Tanpa Root dengan aplikasi

Cara mengganti Font Android Tanpa Root 

Yang manapun alasan Anda, bila anda hendak mengubah font smartphone android Anda, Anda ada di halaman yang sesuai.

Perangkat fitur Font Built-In (Bawaan)

Anda dapat mengganti jenis font beserta ukuran font. Samsung telah mneyediakan jenis-jenis font pada pengaturan standar, tetapi Anda bisa mengunduh font-font lain di Google play. Mengganti jenis font disini begitu mudah, Anda tinggal membuka Settings > Display > Font Style, dan pilih jenis font yang Anda kehendaki, dan konfirmasi pilihan Anda.

Berikut ini Cara yang mudah mengganti font (huruf) android tanpa root

Menggunakan Aplikasi Fontomizer
Download Fontomizer

Aplikasi itu mungkin adalah aplikasi mengubah font di handphone android yang termasuk mudah. Pengguna hanya tinggal mendownload dan menginstallnya pada smartphonenya. Di samping itu aplikasi itu juga tak memerlukan root. Jadi pengguna pemula sekalipun tentu tak akan susah untuk menerima mengubah font pada ponsel cerdas androidnya.

 

Adapun cara paling mudah untuk merubah font ponsel android yaitu sebagai berikut:
  1. Download saja aplikasi Fontomizer ini.
  2. Install aplikasi tersebut, kemudian tunggu sampai proses pemasangan selesai
  3. Apabila pemasangan selesai, bukalah aplikasi ini hingga keluar list font bisa didownload
  4.  Pilih font yang anda dinginkan, dalam urusan ini saya contohkan akan pilih font type Anaconda Regular. Selain dari font ini tentu saja tetap banyak font lainnya yang dapat dicoba dan diunduh.
  5. Unduhlah font tersebut dengan aplikasi browser. Pastikan pilih browser sebagai mendownload, Karena kalau mendownload dengan menggunakan aplikasi bawaan biasanya akan bermasalah
  6. Tunggu proses download sampai selesai kemudian installah biasanya.
  7. Klik Done bila proses pemasangan selesai
  8. Masukan font tersebut dengan caranya masuk kedalam menu”, kemudian pilih setting”. Arahkan pada font” kemudian pilih Style. Selanjutnya cukup memilih font yang memang sudah terinstal tadi seperti dalam gambar yang di bawah
  9. Dari biasanya, tiap selesai melakukan sebuah perubahan, ini biasanya smartphone akan muncul pertanyaan restart/reboot.
  10. Restartlah smartphone anda dan menunggu hingga smartphone anda kembali nyala biasanya.
Setelah hp android hidup kembali lalu secara otomatis font dari ponsel anda akan berubah menjadi seperti yang yang Anda suka. Cara ini cukup sederhana tapi perlu mengingatkan bahwa ada baiknya gunakan browser lain seperti opera mini dan lain-lain untuk mendowload. Seperti sudah diungkapkan sebelumnya, mendownload dengan menggunakan aplikasi internet bawaan sering menyebabkan kesalahan.

Menggunakan HiFont
Download HiFont

Bagi para pengguna smartphone android samsung, bisa anda menggunakan Hifont. Aplikais untuk ganti font di android ini mempunyai berbagai tipe font yang bisa menjadikan tampilan android smartphone anda lebih bergaya dan keren. Fitur bahkan alat yang dimilikinya juga tergolong cukup komplit karena bisa mendownload dan mengganti font sesuai keinginan. Bahkan pengembang sendiri punya tim khusus yang bisa bekeraja untuk dapat membuat font sendiri yaitu The Qisi Font Designers

 

Cara Mengganti Font Android
  1. Membuka aplikasi hi font. Akan langsung terlihat banyak font yang dapat dipilih.
  2. Pilih salah satunya font yang anda suka.
  3. Akan muncul tampilan seperti preview, dan jika anda sudah suka. Klik saja download.
  4. Menunggu proses download selesai. Jika sudh selesai. Tombol download akan menjadi tombol USE.
  5. klik tombol di USE dan klik OK lagi. Trus hp android anda akan melakukan booting ulang sendiri.
  6. Menunggu untuk hidup kembali. Dan taraa. Font android anda sudah berubah.

Menggunakan iFont
Download iFont from Google Play

Anda juga bisa gunakan aplikasi itu tanpa root. Sebelum font yang mau anda terapkan benar-benar dipasang di sistem, aplikasinya maka akan muncul previewnya. Bukan hanya sekedar font standar ABCDE saja di aplikasi iFont inipun menyajikan font cantik untuk bahasa korea, Jepang, Arab, Rusia, dan negara lainnya yang mempunyai system font berbeda. 

 

Cara menggunakan iFont tanpa root
  1. Aktifkan izin instalasi aplikasi oleh pihak ketiga. Anda bisa menemukannya di Settings > Security > Unknown sources.
  2. Membuka aplikasi iFont. Pilih tab Online.
  3. Tap di jenis font yang hendak Anda pergunakan, kemudian tekan tombol Download.
  4. Tap pada tombol Set. Atau, buka Settings > Display > Font Style. Pilih jenis font yang Anda kehendaki.
Font yang baru akan segera diterapkan tanpa membutuhkan reboot perangkat. Aplikasi iFont terbilang cukup handal, karena tersedia dengan gratis tanpa menampilkan iklan sehingga mengganggu, juga kini bisa bekerja dalam berbagai macam perangkat. iFont yang dapat digunakan pada perangkat rooted maupun non-rooted.

Menggunakan Font Players
Download font players from Google Play


Mau mengubah tampilan gaya huruf supaya lebih terlihat menarik dan lucu? Font Player bisa jadi pilihan anda, aplikasi perubah font android ini dapat berjalan walaupun android kamu belum diroot, anda dapat memilih berbagai macam jenis font untuk diterapkan di perangkat android smartphone kesayangan anda. Dukungan yang disediakan pada apikasi inipun sangat beragam, anda bisa mengganti font anda berbagai bahasa diantaranya Cina, Jepang, Korea hingga bahasa Rusia. Anda bisa mencoba aplikasi tersebut dengan mendownloadnya di PlayStore

Gunakan Aplikasi Launcher
Download Go Launcher from Google Play

Perangkat Anda belum miliki fitur pengubahan jenis font? Tak harus khawatir. Salah satu cara mengubah font Android adalah menggunakan aplikasi launcher. Banyaknya aplikasi launcher telah menyertakan fungsi pengubahan font. Salah satunya aplikasi launcher yang cukup kenamaan dan menyediakan fitur tersebut ialah GO Launcher Untuk merubah font dengan GO Launcher.

 
  1. Salin file fontttf yang akan Anda pakai ke smartphone Anda.
  2. Membuka aplikasi GO Launcher.
  3. Cari dan membuka aplikasi Tools. Tap di ikon Preferences.
  4. Scroll down, kemudian pilih Personalization. Tap di Font.
  5. Tap di Select Font, kemudian ketuk jenis font yang hendak Anda pergunakan.
Perubahan akan segera diterapkan tanpa perlu reboot perangkat. Juga, apabila anda ingin lebih banyak pilihan jenis font untuk digunakan bersama GO Launcher EX, Anda bisa men-download dan install GO Launcher Fonts.

Demikianlah "Cara Ganti Font Android Tanpa Root" yang bisa saya suguhkan, semoga saja bermanfaat untuk sahabat semua, :-)