Smartphone VR - Kompetisi smartphone dipasar Indonesia kian hari kian sengit saja, karena bermacam-macam produsen smartphone kemudian berkompetisi dalam hadirkan salah satu smartphone berteknologi serta fitur terbaru yang dengan maksud untuk menarik hati pecinta smartphone ditanah air. Dan satu diantaranya teknologi yang kini tengah jadi standar baru ialah Vitual Reality.

Dengan seiring berjalanya waktu, dunia teknologi terutamanya smartphone makin hari makin canggih saja, seperti teknologi teknologi kamera, keamanan,  dan teknologi game. Dan untuk sekarang ini yang sedang tren di Indonesia ialah Virtual Reality. Apa saja Virtual Reality itu ? Berikut pemaparan singkatnya di bawah.

Virtual Reality yaitu adalah sebuah teknologi terkini di dunia smartphone yang bisa membuat kamu / pengguna dapat berinteraksi di dalam dunia maya seperti di dunia nyata, contoh saja seperti ketika kalian bermain game yang seolah-olah anda ada di dalam game itu dan bisa merasakannya secara lebih nyata.

Apa sebenarnya pengalaman VR? Teknologi VR yaitu adalah teknologi yang sanggup bawa penggunanya dalam objek imajinasi ke dalam dunia 3Dimensi maka seolah nyata. Contohnya yaitu adalah telah dilakukan beliau Presiden Joko Widodo dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang bermain tenis meja memakai VR.

Beragam headset VR sudah ada di pasaran. Mulai dari Google Cardboard yang adalah saran murah untuk mendapatkan konten Virtual Reality, Samsung Gear VR, hingga yang supermahal Oculus Rift. Sebagai referensi, sobat dapat puas menyelami dunia Virtual Reality dengan Octagon VR Luna yang dibandrol harga terjangkau tetapi punya desain serta fitur mengagumkan.

Tidak hanya itu saja, Gear VR sebenarnya di klaim cukup mudah diakses dan makin canggih jika dibandingkan dengan Google Glass yang memang sudah dihentikan pengembangannya oleh Google. Tentunya, selain mempunyai gadget Gear VR , anda perlu punya perangkat Samsung yang support. Paling tidak ada beberapa perangkat punya Samsung yang kemudian akan didukung Gear VR yakni Samsung Galaxy S5 (Tunggu hingga perilisan update Android 5.0 Lollipop yang disupport Gear VR), Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Edge dan Samsung Galaxy Note 4.

Inilah Smartphone Yang Sudah Mendukung VR (Virtual Reality)

Samsung Gear VR

Smartphone VR

Spesifikasi, Harga Samsung Gear VR - ini penting sekali, terutamanya untuk anda yang mungkin belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Samsung Gear VR. Samsung Gear VR yaitu adalah suatu perangkat elektronik bentuknya seperti kaca mata yang mempergunakan teknologi VR. Ada juga VR sendiri adalah singkatan dari dari virtual reality atau realitas visual, suatu teknologi yang memberi pengguna pengalaman visual seperti di alam nyata. Meski teknologi VR di dunia pasar telah hadir semenjak beberapa tahun lalu, akan tetapi untuk pasaran Indonesia, teknologi VR ini baru masuk ke dalam Indonesia pada pertengahan Februari 2016 lalu lewat penjualan perangkat Samsung Gear VR yang terjual di dalam negeri.

Kompatibilitas Samsung Gear VR sesungguhnya terbatas, dan hanyalah support smartphone Samsung di kelas premium, antara lain Samsung Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge dan Galaxy S6 Edge+. Keterbatasan inilah yang menjadi kelemahan Samsung Gear VR, lagipula sangat banyak lovers gadget yang hendak rasakan teknologi virtual reality semakin canggih ketimbang mereka pakai Google Cardboard maupun perangkat yang lain.

Pertama kali marilah kita bicara tentang desain. Seperti yang tampak di atas, desain Samsung Gear VR pasti kelihatan gede, dikarenakan secara menyeluruh perangkat virtual reality ini miliki ukuran dimensi 201.9 x 116.4 x 92.6 mm dan bobotnya hingga 318 gram Tapi kenyataannya ukuran Gear VR telah alami penyusutan dari pada generasi lamanya, bahwa tadinya Samsung sudah menghasilkan 2 variant, yang yang pertama versi First Innovator Edition untuk Galaxy Note 4, dan yang ke2 versi Second Innovator Edition.

Harga Samsung Gear VR di Indonesia akan dijual seharga melebihi 1 Juta. Meskipun adalah harganya agak mahal, akan tetapi perangkat tersebut adalah hanya bisa digunakan khusus untuk smartphone Samsung dalam kelas premium, yang tentunya hanya dengan dimiliki oleh kelas atas. Pasti pemilik smartphone sekelas Galaxy S6 dan Galaxy Note 5 tidak akan keberatan keluarkan uang begitu banyak untuk membeli Gear VR, selama hal itu mereka dapat merasakan pengalaman yang berbeda dalam menikmati beberapa multimedia content.

Ponsel Samsung Galaxy Note 4 sudah kompatibel buat digunakan bersama perangkat samsung Gear VR, perangkat baru Samsung yang menawarkan sensasi dunia game baru berkat aplikasi Oculus VR. Harga Samsung Gear VR itu di bandrol seharga 200 dolar. Pada video dengan judul Gear VR First Look yang diupload pada Youtube, Samsung menunjukan alat terbarunya itu ke banyak orang. Dengan Gear VR pengguna dapat melihat-lihat, mulai dari atas, ke samping hingga ke bawah, lihat helikopter atau berenang dengan ikan seakan seperti asli.

Lenovo Vibe K4 Note

Smartphone VR

Lenovo sesungguhnya tetap belum pernah berhenti melakukan inovasi, dan saat ini mereka kembali mengeluarkan smartphone baru dengan nama Lenovo VIBE K4 Note. Smartphone ini pun di desain khusus jadi didukung kemampuan VR, tentu saja di smartphone inipun sengaja dilengkapi 2 buah speaker stereo yang terdapat pada bagian depan guna support pemakaian konten VR.

Mempunyai keunggulan sebagai peragkat yang memang sudah support perangkat Virtual reality, Lenovo Vibe K4 Note miliki teknologi TheaterMax di dalamnya. Teknologi ini membuat smartphone ini jadi smartphone yang pertama yang memang sudah membenamkan teknologi VR pada paket penjualannya. Agar mampu menikmati teknologi virtual reality tentunya akan butuh headset khusus. Nah, smartphone Lenovo yang ini telah dilengkapi dengan perangkat VR dengan nama Ant-VR.

Berbeda dari sebagian besar smartphone terbaru yang didesain unibody, Lenovo Vibe K4 Note masih tetap menggunakan bodi yang mampu dilepaskan. Maka dari itu, Lenovo Vibe K4 Note dapat dibongkar apabila terjadi kerusakan. Lenovo Vibe K4 Note dirancang dengan aluminium pada sisi-sisinya dan bahan plastik pada casing belakang.

Dalam hal kinerja, Lenovo Vibe K4 Note dapat dikatakan datang dengan performa bagus yang sepadan dengan para kompetitornya. Dibagian dapur pacunya, chipset MediaTek MT6753 yang bawa processor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari di kecepatan 1,3GHz. Performa dari processor itu juga didukung dengan pengolah Mali-T720MP yang cukup berkualitas dan RAM berkisar 2GB

Huawei VR

Smartphone VR

Sesudah sebelumnya, Samsung dan LG yang masuk di bisnis headset VR, kali ini perusahaan berasal dari Tiongkok Huawei juga tergiur untuk dapat membuat headset VR keluarannya. Perusahaan tersebut terbilang sempat keluarkan flagship terbaru yaitu P9 dan P9 plus sebagai perwakilannya pada kompetisi flagship smartphone beredar di pasaran di tahun ini. Pada acara perilisan smartphone terbarunya yang berada di Shanghai, Tiongkok, Huawei juga sekalian diperkenalkan headset virtual reality yang dikenal dengan Huawei VR.

Tidak banyak berbeda dengan Galaxy Gear VR, Anda dapat memasukan smartphone Anda ke dalam slot yang disediakan pada Huawei VR. Smartphone yang memang sudah didukung dengan headset ini seperti Huawei P9, P9 Plus, dan Huawei Mate 8. Selain memiliki pengalaman seru lewat visual, Huawei juga sudah mengklaim pengguna merasakan headset yang hal pertama hadirkan kelas audio secara 360 derajat. Hal ini membuat pengalaman VR hasilkan pengalaman yang berbeda kemudian akan terasa lebih nyata.

Asus Zenfone 2

Smartphone VR

Asus Zenfone 2 Deluxe ZE551ML menjadi satu smartphone tercanggih yang pernah dipersembahkan oleh Asus, dikarenakan telah dilengkapi teknologi serta fitur terbaru, seperti sudah dibekali sensor Accelerrometer dan Gyroscope tentu yang akan jadi surga untuk pecinta game Virtual Reality sebab kualitas begitu baik.

Lenovo Vibe X3

Smartphone VR

Spesifikasi Lenovo Vibe X3, Smartphone 5 Jutaan rupiah Suguhkan Fitur VR Kit - Kali ini Lenovo sudah keluarkan smartphone terbaru di pasar. Rilisan terbaru dari Lenovo itu diberi nama Lenovo Vibe X3. Dalam smartphone ini, anda bisa mendapatkan fitur canggih dan terbaru dari Lenovo. Kelebihan smarthphone ini terdapat pada multimedianya, khususnya dalam masalah sinematik. Kelebihan itu disuguhkan teknologi VR Kit feature TheaterMax canggihnya.

Lenovo Vibe X3 adalah produk terbaru dari Levono yang memiliki spesifikasi bisa diartikan entry level. Bermacam-macam suguhan dan beberapa fitur yang bagus dipersembahkan di sini. Smartphone ditawarkan pada harga yang sedikit lebih mahal, adalah hingga 5 jutaan rupiah. harga segitu, tidak jadi soal dikarenakan suguhan berbagai feature yang bagus.

Catatan: Akan tetapi tak semua smartphone dapat menjalankan Virtual Realty ini, minimal hanya dengan smartphone yang memang sudah diperlengkapi sensor Accelerometer dan Gyroscope.

Okelah Kalau begitu, mudah-mudahan dapat berguna untuk anda.. ^_^