Aplikasi jualan online - Dengan menggunakan aplikasi, hp android bukan sekadar berfungsi sebagai media komunikasi, tetapi dapat dimaksimalkan dalam banyak hal. Diantaranya yang akan saya bahas saat ini untuk mengambil keuntungan hp android Anda untuk berjualan online. Coba bayangkan cukup hanya modal android smartphone dan jaringan internet, Anda sudah dapat membuka bisnis dari mana pun dan kapan saja. Berikut ialah kumpulan aplikasi mobile yang saya kategorikan berdasarkan tipenya.

Aplikasi Jualan online Terbaik Untuk Android

C2C marketplace


Costumer-to-Costumer (C2C) marketplace intinya adalah sebuah konsep jual beli online yang menyatukan antara pihak penjual dengan penjual. Layanan ini umumnya menggunakan sistem pembayaran escrow bahwa penjual akan mendapatkan bayaran sesudah pembelinya mendapatkan barang-barang mereka. Pada kategori ini ada banyak pilihan aplikasi yang dapat Anda pergunakan yakni Bukalapak dan tokopedia.

Tokopedia dilengkapi konsep mal, yang mengharuskan pengguna untuk membuat sebuah toko online dahulu. Kemudian hanya kemudian pengguna dapat mulai berjualan dengan meng-upload foto dan lengkapi deskripsi dari produk produknya.

BukaLapak dapat dikatakan praktis sama seperti Tokopedia. Yang sedikit membedakan yakni di aplikasi BukaLapak bila mau berjualan user tidak diharuskan membuat toko online dahulu.

Iklan baris


Layanan iklan baris adalah pilihan bagi yang hendak berjualan secara cepat dan simple. Di samping, juga cocok untuk mereka yang mau dapat pembayaran yang secara lebih cepat, karena layanan iklan baris dengan menggunakan sistem pembiayaan Cash On Delivery atau COD. OLX Indonesia dan Jualo adalah 2 aplikasi penyedia layanan iklan baris bisa Anda pakai.

Sosial media serta fitur chating


Selain suka akan chating, satu-satunya perilaku unik dilakukan pengguna sosial media di Indonesia yaitu adalah untuk menggunakannya sebagai suatu tempat untuk berbisnis jual beli online. Hal tersebut tidak ada ruginya, tetapi akan lebih baik kalau memakai layanan yang sesungguhnya secara khusus untuk menjual dan membeli online seperti Kleora, Tokopoket, Shopee, dan Carousel.

Kleora adalah layanan jual beli yang punya fokus terhadap beberapa produk wanita dan pemanfaatan jejaring sosial. Disini pengguna dapat mengunggah produk yang mau mereka jual lewat jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Mengenai Tokopoket, Shopee, dan Carousel lebih menitikberatkan pada 2 fitur utama yakni kelancaran untuk memotret foto dan menjual serta fitur chating sebagai sarana komunikasi antara pihak penjual dan pembeli.

Sebelum mengambil keputusan untuk berjualan lewat aplikasi itu, ada 2 hal yang wajib Diperhatikan. Yang pertama yakni pasar sasaran dari produk yang mau Anda jual dan langkah pembayaran yang sesuai keperluan.

Sebagai contohnya jika beberapa produk yang mau Anda jual untuk pasar wanita, sehingga aplikasi Kleora dapat sebuah pilihan. Alasannya pastinya dikarenakan aplikasi itu tentu saja di buat khusus untuk produk wanita. Namun tidak menutup kecenderungan untuk berjualan di aplikasi lainnya seperti Bukalapak dan tokopedia yang punya demografi pasar target yang cukup luas.

Selanjutnya masalah pembayaran. Aplikasi seperti Bukalapak dan tokopedia mengimplementasikan sistem escrow, yang mana penjual akan memperoleh pembayaran sesudah pembeli mendapatkan barang-barang mereka. Jadi kalau Anda mengingini uang cepat, sehingga Anda dapat memakai aplikasi OLX Indonesia atau Jualo yang tawarkan sistem pembayaran Cash On Delivery atau COD.

Adapun untuk anda yang mau memudahkan komunikasi dengan pembeli lewat banyak aplikasi chating, alangkah baiknya memakai aplikasi seperti Tokopoket, Shopee, atau Carousel.