Upgrade OS Android Samsung - Apabila OS Android Anda di HP Samsung sekarang ini yaitu adalah Android versi Jelly Bean 4,2 sehingga Anda dapat anda lakukan upgrade ke OS Android Lollipop 5.0 atau Marsmallow versi 6.0. Tiap produsen Android diberikan jatah upgrade Android. Untuk anda pengguna HP Samsung terutamanya Samsung Android atau Samsung Galaxy Android dan mau melakukan Upgrade OS Android Anda dapat melakukan Upgrade OS Android atau update Android dari versi lama dengan versi terbaru.

Di smartphone Samsung, Firmware yang Android secara bawaan yang akan tersedia didalam device. Saya mau membahas software bawaan Samsung, Kies, dan fungsi update Firmware yang Android punyai.

3 Cara Upgrade OS Android Samsung dengan PC Atau Tanpa PC

Samsung menjadi salah satunya pabrikan besar sehingga menyediakan Upgrade OS Android pada smartphone yang mereka pasarkan, dan kalau Anda miliki Smartphone android Samsung, dan mau tahu Cara Upgrade OS Android, harap menyimak info saat ini. Cara Upgrade OS Android Samsung yang ke-3 adalah gunakan Driver Samsung Kies. Anda tinggal Install software tersebut kekomputer yang anda fungsikan.

Upgrade OS Android Samsung


Hal-hal yang mesti anda persiapkan untuk mengawali panduan upgrade os android di samsung galaxy ini merupakan:
  • setelah mendownload driver ini instal di komputer anda fungsikan sekarang.
  • setelah melakukan instal drive usb samsung, dan ektrak file odin di halaman utama dan firmware yang di halaman utama komputer anda.
  • firmware yang yang memang sudah di ektrak ektensi bernamatarsetelah semua ini telah siap,lakukan restart pada komputer anda fungsikan,
1. Cara upgrade os android samsung Via OTA (Over the Air) tanpa PC pada Smartphone

Cara yang pertamanya adalah melakukan upgrade secara langsung dari Ponsel android secara OTA (Over The Air). Cara ini adalah Cara paling mudah sebab tak perlu memakai komputer dan kabel akan tetapi harus gunakan akses internet untuk bisa melakukan pembaruan OS Android pada ponsel anda, dan untuk cara upgrade OS Android melalui OTA yaitu adalah sebagai di bawah ini.
  • Memasuki Setting -> (More) -> About device -> Software update -> update.
Cara yang akan otomatis download pembaruan OS, tetapi harus hati-hati dikarenakan dianjurkan akses internet harus stabil maka baik menggunakan jaringan Wi-Fi. Di samping itu usahakan memori internal yang ada cukup guna tidak terjadi suatu kerusakan karenanya kehabisan memori internal, dan janganlah sampai kehabisan daya baterai sebab setelah selesai download sehingga otomatis Smartphone android anda yang akan restart dan memasang pembaruan yang ada.

Perangkat sebagai sarana yang yang wajib disediakan yaitu adalah :
  • Komputer /laptop, kabel data USB port 3.0 atau pastikan kabel data bawaan
  • Aplikasi samsung kies dan SAMSUNG USB Driver for Seluler phones pastikan ke2 software tersebut harus yang terbaru atau last version harap cari di pencarian google
  • Jaringan atau sambungan internet berkecepatan minimal 100 kbps
Beberapa langkah yang seharusnya dilakukan sebelum upgrade os android :
  • Unduh dan pasang aplikasi samsung kies ke PC/laptop anda
  • Unduh dan pasang driver samsung USB ke PC/laptop anda bila keduanya ini telah di install perlu diingat restart PC/laptopnya.
  • Menyambungkan device android smartphone anda ke PC/laptop memakai kabel USB
  • Jangan lupa untuk mencentang opsi debugging USB di perangkat telephone akan di upgrade dan dengan cara mengikuti tahap berikut yang di bawah ini :
  • Klik >> Setelan / Setting atau Setelan >> kemudian klik Aplikasi/Applications >> lalu kiik pengembang /Development lalu centanglah pada opsi USB debugging
  • Jika sambungan device anda dengan Pc/laptop ini telah berhasil jadi tahapan berikutnya membuka aplikasi samsung kiesnya kemudian tunggulah sebentar sampai proses otorisasi device bisa terbaca seperti yang tampak pada contohnya gambar yang di bawah ini :
  • Berikutnya klik Menu Back up/ Merestore di dasbor samsung kies dan ceklis kotak Select All items selanjutnya klik Backup lihat contoh gambar dibawah ini :
  • Di tahap ini anda cukup sabar sampai proses backup semua data ini selesai secara khusus butuh beberapa menit dan itu bergantung pada berapa banyak data yang tersimpan di memori internal anda
  • Kalau proses backup data penting sudah selesai atau complete lalu tahapan berikutnya anda klkik Menu Perangkat pada menu bar samsung kies dan pilih Frimware Upgrade and Initialisation lalu akan muncul tampilan seperti Box perintah dan Klik OK lihat contohnya gambar satu dan 2 berikut yang di bawah ini
  • Pada pesan perintah berikutnya anda klik Update
  • Sampai masa tahapan ini anda perlu sabar untuk tunggu hingga proses upgrade android anda ini selesai dan berhasil di tingkatkan versi firmwarenya ke versi yang terbaru dan secara khusus memerlukan waktu paling tidak 20 menit.
  • Setelah proses instalisasi frimware ke device device seluler phone anda ini selesai dan berhasil jadi copot atau lepas kabel datanya.
3. Mengunjungi Center service

Cara upgrade OS Android Samsung yang sangat mudah, anda tinggal datang ke pusat layanan, untuk meminta tolong biar di upgrade OS ponsel anda ?? Samsung tentu saja mempunyai layanan purna jual yang betul dan merata diseluruh Indonesia, itulah sebabnya mengapa harga hp Samsung dibandrol mahal dari pada device Android yang lainnya.

kemungkinan itu saja Tutorial ini,cara ini telah saya terapkan pada upgrade samsung galaxy tab 2,galaxy note,galaxy s3,s4,samsung galaxy chat,dan tab 8,9,dan anda bisa menerapkan cara ini untuk keseluruh device samsung galaxy os android sekarang ini,semoga berguna.