Cara Memperbaiki HP Yang Terkena dan Terendam Air - Apakah kamu pernah mengalami hape Android yang terendam atau jatuh ke air? tak perlu gugup karena sebenarnya ada tips atau cara memperbaiki Hape Android yang terkena air yang bisa menjadi solusi pertolongan pertama untuk ponsel kamu. handphone merupakan sebuah perangkat yang sudah menjadi kebutuhan primer untuk saat ini ini.

Cara Memperbaiki HP Yang Terkena dan Terendam Air

Perangkat tersebut tak luput dari aktifitas sehari-hari, apalagi saat ini dengan banyaknya smartphone yang dijual dipasaran dengan harga yang cukup murah semakin banyak diidamkan oleh banyak masyarakat. dari yang tua, muda bahkan sekarang anak-anakpun sudah memiliki Hape Android baik hanya untuk sekedar gaya, mengakses sosial media maupun bermain games.

Sejak itu terkadang kita membuat kecerobohan dengan HP kita, contohnya saja kita lupa meletakan Hape Android atau bahkan sampai hp kesayangan kita tercuci sampai terendam air. ini tentunya sangat merugikan kita, seperti yang kita ketahui bersama bahwa hp ini merupakan perangkat yang sangat rentan sekali terhadap air. namun kamu tak perlu cemas karena kami akan memberikan pertolongan pertama cara memperbaiki hp yang terkena air yang bisa kamu coba untuk memperbaiki dan menyelamatkan hp kesayangan kamu sebelum dibawa ke tempat servis hp.

Berdasar info yang kami dapat dari berbagai sumber, ada beberapa tips dan cara mengatasi hp yang terkena air yang bisa kamu coba. Inilah beberapa tips dan cara memperbaiki hp yang terkena air:
  1. Pertolongan pertama yang harus kamu lakukan, bila hp kamu yang terkena air masih hidup segera nonaktifkan hp kamu dan bila hpnya langsung mati pada saat terendam atau terkena air jangan langsung kamu hidupkan. hal ini untuk menghindari terjadinya konsleting atau hubungan arus pendek pada hp kamu yang bisa merusak IC dan komponen lainnya pada hp kesayangan kamu.
  2. Langkah berikutnya copot baterai, kartu sim dan memori dari handphone kamu. keringkan baterai, kartu sim dan memori tersebut lap dengan kain atau handuk sampai cukup kering.
  3. Keringkan handphone kamu, sangat disarankan menggunakan penyedot debu untuk menyedot air yang ada dalam perangkat ponsel kamu. tapi disarankan untuk tidak terlalu dekat dari perangkat untuk meminimalisir kerusakan komponen dari aliran listrik statis dari alat penyedot debu tersebut. selain itu bisa juga dengan kain lap yang bersih sampai cukup kering. jangan sekali-kali menggunakan hair dryer atau pengering rambut karena bukannya kering yang ada air tersebut terdorong ke dalam ponsel kamu.
  4. Bila handphone kamu sudah cukup kering, carger baterai handphone kamu dengan charger desktop sampai penuh dan pasangkan kembali baterai, kartu sim dan memori ke perangkat ponsel kamu dan coba nyalakan kembali kamu.
  5. Bila masih belum nyala, kamu bisa mencoba dengan merendamnya ke dalam beras. beras merupakan bahan alami yang efektif menyerap air. kamu bisa melakukannya dengan meletakan handphone kamu ke dalam beras tersebut, diamkan selama 1 hari lebih lama lebih baik lagi.
  6. Cara Mudah Memperbaiki Handphone Yang Terkena Air.
  7. Setelah itu coba kamu bersihkan ulang komponen handphone kamu dan nyalakan kembali ponsel kamu. sangat disarankan nyalakan handphone sambil dicarger, karena biasanya beberapa kasus handphone nyala kembali ketika setelah dicarger.
  8. Bila masih belum nyala, bawa handphone kamu ke tempat servis langganan kamu.
  9. Langkah terakhir bila handphone kamu masih belum nyala yaitu dengan Lem Biru atau lempar beli yang baru hehe. tapi semoga saja sebelum kamu lem biru, hp kesayangan kamu bisa tertolong.
Inilah tips cara memperbaiki hp yang terkena air yang bisa admin berikan, cukup mudah sebetulnya pertolongan yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan hp kesayangan kamu. mudah-mudahan bisa menjadi solusi untuk mengatasi hp kamu yang terkena air. Silahkan dicoba dan mudah-mudahan berhasil, salam Androider.