Custom ROM Android 6.0 Marshmallow untuk Samsung Galaxy S4 - Samsung telah mengkonfirmasi untuk Galaxy S series update ke OS android Marshmallow 6.0, namun sampai saat ini software rilisnya belum juga tersedia. Kemungkinan rilis softwarenya akan tertunda lama hingga beberapa bulan mendatang. namun, jangan sedih saya sudah persiapkan alternatifnya yaitu dengan datang dari developer yang sudah familiar yakni CyanogenMod versi 13 atau bahasa singkatnya "CM13" yang berdasarkan OS android Marshmallow 6.0 dan bukan datang dari official.

Custom ROM Android 6.0 Marshmallow untuk Samsung Galaxy S4 via CM13 [unofficial]

Yang perlu anda ketahui bahwa firmware ini merupakan versi percobaan dan mungkin saja nanti ada beberapa bug. Sebelum anda mencoba untuk flash custom rom CM13 ini saya sarankan untuk tetap berhati-hati jangan ada kesalahan saat penginstallan rom tersebut dan silahkan ikuti panduan berikut untuk install custom rom marshmallow 6.0 ke samsung galaxy S4 anda.

Persyaratan dan persiapan awal
  • Custom rom ini hanya dikhususkan untuk Galaxy S4 GT-I9505 (jflte) model LTE internasional saja dan jangan mencobanya diperangkat lain, karena akan mengakibatkan smartphone anda jadi mati sementara atau bricked dan bootloop.
  • Pembaharuan ini adalah dari pengembang dan versi modifikasi custom rom yang mana bisa nanti membatalkan garansi yaitu perusahaan tidak akan lagi bertanggung jawab untuk memberikan update kedepannya [pengguna dapat mengembalikan garansi dengan flash perangkat dengan stock ROM].
  • Pastikan smartphone anda sudah terpasang custom recovery atau CWM, jika belum [<-Baca Disini->].
  • Pastikan juga galaxy S4 anda sudah di root, namun bila belum maka [<-Baca Disini->].
  • Pastikan setidaknya baterai masih tersisa 75% agar proses flash tidak berhenti karena kekurangan daya baterai.
  • Backup Stock ROm melalui CWM, caranya dengan masuk ke CWM dan pilih opsi " Backup and Restore - Pilih Backup tunggu hingga selesai - Pilih reboot now!

Tutorial dan Cara : Langkah-langkah prosedur instalasi untuk CyanogenMod [Unofficial] Custom ROM Android 6.0 Marshmallow CM13 untuk Samsung Galaxy S4 LTE (GT-I9505)
  1. Download Custom ROM CM13 dan Google Apps dibawah, pindahkan ke kartu memori atau SDCard luar anda (Ingat: Jangan difolder diluar saja).
  2. Sekarang masuk ke Mode Recovery, Caranya dalam kondisi Galaxy S4 turn off atau dimatikan maka tekan tombol 'Volume (up)', 'Home' dan tombol 'Power.
  3. Hapus memori cache dengan memilih 'wipe cache partition' dan Kembali ke layar utama dan pemulihan tekan 'install zip dari SD card'.
  4. Tekan 'pilih zip dari sdcard' dan cari file Android Marshmallow CM13 ROM zip file dalam kartu SD dan pilih. Ulangi prosedur yang sama untuk Google Apps instalasi [Catatan: Gunakan 'Volume' tombol untuk menavigasi dan tombol 'Power untuk memilih opsi].
  5. Setelah selesai dengan proses instalasi, pilih '+++++ Go Back +++++' dan memulai kembali perangkat dengan memilih 'reboot system now' terlihat di menu recovery.
  6. Sekarang, perangkat Anda (Samsung Galaxy S4 GT-I9505) akan booting dan proses booting butuh waktu 5-7 menit. Jadi, tunggu saja sampai selesai!
  7. Untuk memastikan berhasil masuk ke "Settings >> Pilih About phone" anda akan melihat versi android sudah berubah menjadi OS Android 6.0 Marshmallow, Selamat Yah!
Source: XDA Developer

Download:
Custom ROM Android 6.0 Marshmallow untuk Samsung Galaxy S4 via CM13 [unofficial]
☆<<[★]>>
 Via Androidfilehost