Custom ROM Android 5.1.1 Fusion Lollipop, didasarkan pada AOSP yang rilis terbaru dan sekarang sudah tersedia pembaharuannya untuk smartphone Samsung Galaxy S2 dengan nomor model I9100. Perusahaan tersebut takkan meluncurkan update firmware terbaru untuk perangkat ini kecuali dari  developer via custom rom.

Install Android 5.1.1 Fusion Lollipop Custom di Samsung Galaxy S2 I9100

Untuk para pengguna Galaxy S2 kini bisa menikmati Android 5.1.1 Lollipop di perangkat kalian. Android 5.1.1 Fusion Lollipop sangat mirip dengan stock Android Lollipop dan belum mendukung animasi mewah, wallpaper atau fitur tambahan lainnya. Singkatnya ini merupakan pure stock rom yang stabil dan sederhana. Sehingga jika Anda ingin memperbarui Galaxy S2 I9100 Anda maka lakukanlah dan ikuti petunjuk yang akan saya berikan di sini.

Catatan:
Tutorial ini memuat tautan download untuk Android 5.1.1 Fusion Lollipop custom Firmware dan panduan yang khusus hanya untuk Galaxy S2 GT-I9100 jadi jika perangkat selain itu tidak dianjurkan. Agar lebih yakin anda harus memeriksa nomor model perangkat Anda lebih dahulu dengan cara mengakses Settings => About Phone.

Peringatan:
Penulis tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada Galaxy S2 Anda selama atau sesudah instalasi Custom ROM Android 5.1.1 Fusion Lollipop. Lanjutkan dengan resiko anda sendiri.

Persiapan:
  • Melalukan backup/cadangan yang tepat dari semua data yang ada dan pengaturan sebelum melanjutkan ke panduan instalasi ROM menggunakan pemulihan kustom direkomendasikan seperti CWM atau TWRP.
  • Download dan menginstal Driver USB yang benar untuk Galaxy S2 pada PC.
  • Aktifkan USB Debugging Mode di perangkat Anda dengan cara mengakses Settings> Developer Options.
  • Perangkat Anda harus berakar dengan CWM recovery yang diinstal di sana.
  • Bootloader ponsel Galaxy S2 harus dibuka.
  • Pastikan bahwa level Baterai pada ponsel Anda harus diisi sedikitnya sekitar 70%.
Langkah untuk Flash Android 5.1.1 Lollipop di Galaxy S2 I9100 melalui Fusion Kustom ROM:
  1. Pertama, download Android 5.1.1 Fusion Lollipop Kustom ROM (Fusion-v6.0-i9100-STABLE-20150925.zip) untuk Galaxy S2 I9100 dengan via PC.
  2. Hubungkan Galaxy S2 ke PC menggunakan kabel data USB yang me-mount dan penyimpanan memori USB.
  3. Salin Android 5.1.1 Fusion Lollipop Kustom ROM zip file yang Anda sudah download dari link di atas, ke folder root kartu SD Anda di telepon.
  4. Lepaskan kabel data usb Galaxy S2 anda dari PC dan Matikan atau turn OFF untuk boot ke Mode Recovery.
  5. Turn ON perangkat Anda sambil menekan dan menahan tombol Volume Up + Home + Power pada saat yang sama untuk masuk ke Recovery Mode.
  6. Di dalam menu CWM Recovery, melakukan wipe data / factory reset, wipe cache partition dan wipe Dalvik cache diLanjutkan dengan => Lap Dalvik Cache.
  7. Catatan: - menghapus Dalvik Cache akan membantu Anda untuk mencegah bootloop  dan kesalahan lain saat instalasi ROM.
  8. Kembali ke menu utama CWM dan pilih install zip dari kartu SD ? pilih zip dari sdcard.
  9. Pilih file Android 5.1.1 Fusion Lollipop ROM .zip yang Anda sudah dipindahkan ke kartu SD dari perangkat Anda sebelumnya. Pilih file ROM zip menggunakan tombol Power dan mengkonfirmasi instalasi untuk memulai.
  10. setelah instalasi selesai Tekan +++++ Go Back +++++. Dari Menu CWM, dan ulangi untuk Flash Google Apps seperti langkah pertama flash install ROM.
  11. Reboot perangkat Anda dengan memilih sistem reboot now.
  12. Galaxy S2 I9100 Anda akan reboot dan mungkin memakan waktu sekitar 4 sampai 5 menit untuk boot untuk pertama kalinya setelah instalasi.
  13. Selesai! Anda telah berhasil memperbaharui Galaxy S2 I9100 ke Fusion Kustom ROM Android 5.1.1 Lollipop.
Source: XDA Developers

File yang diperlukan: