Cara mudah Reset Ulang Android ke pengaturan awal/pabrik terbaru 2015 - Hey semua yang disana, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengembalikan semua aplikasi dan konfigurasi pada ponsel android kita untuk kembali menjadi seperti baru lagi atau yang kita kenal dengan reset ulang android. Cara ini biasanya disebut "Recovery Mode". 

Cara mudah Reset Ulang Android ke Pengaturan Awal / Pabrik Terbaru 2015
 
Apakah Anda tahu Recovery Mode? Recovery Mode merupakan sebuah menu android yang gunanya untuk me-recovery atau memulihkan dan memperbaiki perangkat lunak (software) sistem operasi android yang bermasalah. Dalam beberapa tipe perangkat android, Update atau upgrade juga dapat dilakukan secara langsung melalui menu recovery mode. Tidak semua tablet dan ponsel android memiliki mode recovery, namun pada beberapa tipe perangkat android sekarang, hal seperti ini sering dapat diatasi dengan menginstall/memasang tool recovery mode buatan dari pengembang (pihak ke-3), yakni biasanya kita akrab dengan nama "xRecovery", "TWRP" dan "ClockwordMod recovery (CWM)".

Biasanya, Factory Reset dapat dilakukan dengan cara penyesuaian pengaturan (Settings) => Privasi (Privacy) => Reset data pabrik (Factory data reset). Jika perangkat android tidak mau masuk ke menu pengaturan atau hang / bricked / bootloop maka anda dapat melakukan factory reset harus ke Recovery Mode.

Mengatur ulang / Factory Reset di perangkat Android melalui "Mode Recovery " bisa sangat membantu setiap kali mengalami hal-hal sbb:
  1. Ketika ponsel android tidak bisa start atau mungkin berhenti di logo saja (biasanya dikenal sebagai bootloop Android). Ini bisa terjadi karena beberapa hal, contohnya karena akibat dari aplikasi yang error atau karena sudah menginstall aplikasi yang tidak bekerja dengan smartphone tertentu atau tidak kompatibel (pada banyak kejadian adalah telah menginstall font changer).
  2. Jika perangkat Android bisa menyala, tetapi tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya perangkat tidak mau masuk ke menu telp/pengaturan dan layar android tidak mau disentuh.
  3. Jika lupa kode PIN, password atau mungkin Anda terlalu banyak melakukan  menggambar pola (pattern) pengunci android yang mengakibatkan Anda tidak bisa masuk ke menu android.
  4. Kerusakan program perangkat lunak sistem operasi Android lainnya.
Untuk melakukan Reset Ulang dengan cara "Recovery Mode" biasanya dapat dicapai dalam 2 langkah sederhana. Tapi sebelumnya, lakukan dengan hati-hati dan segala kemungkinan kerusakan dan kesalahan resikonya ditanggung sendiri.

Langkah 1: Masuk ke mode recovery

Cara untuk pergi masuk ke dalam mode recovery sistem android, Anda perlu mematikan perangkat android (Hp / tablet) , tekan lalu tahan tombol kontrol secara bersamaan (saya contohkan, untuk Galaxy S3 mini menekan tombol "vol up + power + home pada waktu yang sama) dan Anda pasti akan masuk ke dalam mode recovery.

Cara untuk masuk dalam mode recovery (tombol harus ditekan berbarengan) cara tersebut dapat berbeda-beda tergantung tipe dan merek hape android yang digunakan. Tampilan dari Recovery mode hanya berupa tulisan yang memuat perintah seperti mengatur ulang ke pabrik, menghapus cache, menginstal ROM baru atau upgrade, backup, restore, turn off dan power off dan lain-lain. Anda juga bisa menavigasi dengan menggunankan tombol volume dan untuk memilih menggunakan tombol power.

Langkah 2: Lakukan Wipe Data atau Factory Reset
  1. Minimal baterai masih tersisa setidaknya 60%
  2. turn off atau matikan hape android lalu masuk ke mode recovery dengan cara tekan tombol "Power + Volume up + home " (ingat: tidak semua tombol ini sama jadi tombol masuk ke cwm mungkin akan berbeda tergantung hp dan mereknya) dan tahan secara bersamaan.
  3. Jika sudah masuk ke Mode recovery (CWM) maka navigasi tombol volume bawah dan pilih "Factory reset / wipe data". pilih menggunakan tombol power.
  4. Android akan me-format semua data dan kembali ke pengaturan semula.
  5. Terakhir, pilih reboot now.
Jika anda sudah mencoba cara diatas dan tidak mnyelesaikan masalah yang terjadi mungkin anda bisa menempuh cara yang lebih bagus lagi yaitu dengan cara Flashing ulang atau flash frimware, anda bisa baca => Cara flashing ulang HP android

Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda semua, :-)