Cara Mengembalikan atau Mengubah IMEI yang Hilang di Android - Berawal dari iseng mengganti ROM Advan S5E saya dari JB ke OS kitkat dan hp android S5E pun sudah berubah tampilan juga versi OS androidnya, namun ketika saya gunakan untuk panggilan seketika itu saya kaget karena sinyal operator simcard indosat saya hilang begitu saja bahkan tidak bisa digunakan untuk panggilan, internetan, cek pulsa, sms dan lain sebagainya.

Setelah saya cek imei dengan menekan *#06# dan menunjukkan bahwa Imei tidak tersedia/tidak ada. nah dari situ saya mulai tahu bahwa sinyal yang hilang di hp android itu dikarenakan Imei sudah terhapus saat pergantian atau Flashing ROM baik official maupun dari pengembang, Nah sebenarnya apa itu Imei? dan fungsinya apa?
Cara Mengembalikan atau Mengubah IMEI yang Hilang di Android

Imei atau nomor seri biasanya ada di bandan ponsel tepat dibelakang baterai, lain halnya dengan perangkat iPhone yang kita bisa temukan nomor Imei / serial numbernya di Sim Card Adapter. IMEI adalah singkatan dari "International Mobile Station Equipment Identity". IMEI terdiri dari 15 digit angka. IMEI membawa informasi tentang ponsel yang bersangkutan seperti pabrik pembuat ponsel, model, tipe dan lain-lain. kamu bisa mengecek imei ponsel kamu sendiri dengan cara ketik *#06# dan akan muncul beberapa nomor imei atau jika ingin lebih jelasnya masuk ke Web ini "http://www.imei.info/ " di situs tersebut kita akan mengetahui nama produsen serta tipe ponselnya sesuai dengan kenyataannya.

Kegunaan atau manfaat IMEI adalah untuk memberikan informasi tentang handphone anda ke pihak operator seluler atau penyedia internet (ISP) dan dengan adanya IMEI inilah kita juga dapat melacak keberadaan handphone kita yang hilang atau dicuri.

Cara 1: Mengembalikan atau Mengubah IMEI yang Hilang di Android menggunakan

Tutorial, tips, trik dan Cara Mengembalikan atau Mengubah IMEI yang Hilang di Android:
  • Pastikan Perangkat Android anda sudah di root jika belum [Baca Disini].
  • Pastikan juga perangkat Android mendukung Chipset Mediatek 65XX, jika bingung lihat spek perangkat android cari aja di google informasinya.
  • Download aplikasi android pengubah IMEI dibawah.
  • Catat semua IMEI biasanya ada 2, lihat dibelakang baterai hp/tablet android.
  • Jalankan aplikasinya dan isikan IMEI di kolom yang sediakan.
    Jika anda lupa Pilih saja "Generate Random IMEIs".
  • Jika sudah Pilih "Apply new IMEIs" dan restart ponsel android anda.
  • Selesai!!!

Download Link:
Via Google Playstore

Cara 2: Mengembalikan Invalid IMEI yang Hilang menggunakan aplikasi Terminal Emulator

  1. Tulis nomer IMEI Smartphone Android kalian. Untuk mengecek nomor IMEI, kalian buka casing dan copot baterai lalu dibelakang baterai ada nomor imei.
  2. Cara tersebut memerlukan access ROOT. Maka jika Smartphone kalian masih belum di-root, maka lihat Cara Root Android Tanpa PC untuk semua android.
  3. Mendownload lalu instal aplikasi android Terminal Emulator (Ambil Dibawah) pada Smartphone Android kalian.
  4. Sesudah terinstal, jalankan aplikasi tersebut.Tahap ini langsung untuk meminta hak access super-user pada Smartphone Android kalian.
  5. Sesudah kebuka, mengetikan "su", terus Enter. Tahap ini langsung untuk meminta hak akses super-user di HP/Smartphone kalian.
  6. Mengetikan perintah seperti dibawah, setelah itu menekan Enter:
    - khusus SIM 1:
    echo 'AT+EGMR=1,7,"nomor IMEI kamu"' >/dev/pttycmd1
    - khusus SIM 2:
    echo 'AT+EGMR=1,7,"nomor IMEI kamu"' >/dev/pttycmd1
  7. Sudah berhasil, deh. Nomor IMEI kalian telah balik lagi seperti semula.
Jika gagal, anda bisa baca cara KE-2 yaitu " Cara Mengembalikan Nomor IMEI Yang Hilang Di Android dengan aplikasi".
Download:
File Size:  551 KB| Terminal Emulator 1.0.70